Regulator Swedia Mengatakan ‘Tidak’ pada Aturan Iklan Perjudian yang Lebih Ketat

Regulator Swedia Melarang Putar Otomatis dan Penarikan Terbalik


Anggota parlemen Swedia telah menolak RUU yang akan sangat membatasi iklan perjudian di negara tersebut dan mengatur perjudian dalam kategori yang sama dengan alkohol. Akhir pekan lalu Komite Budaya Swedia Riksdag merilis sebuah laporan yang menguraikan aturan yang mengatur industri game yang dihadapi Swedia, tanpa beberapa poin yang menurut pendukung anti-perjudian harus diberlakukan pada industri tersebut.

Versi awal dari perubahan yang diusulkan termasuk rekomendasi bahwa iklan perjudian dilarang selama jam 6 pagi sampai jam 9 malam. Sementara batasan ekstrim semacam ini telah dipertimbangkan dan diterapkan di sejumlah negara Eropa, Riksdag mundur dari langkan dan memutuskan untuk tidak menerapkan peraturan serupa. T

Regulator juga memilih untuk tidak menempuh jalur “moderasi yang disesuaikan”.

Moderasi yang disesuaikan adalah standar saat ini untuk iklan alkohol di Swedia dan itulah yang diinginkan regulator agar iklan perjudian diatur. Ungkapan “moderasi yang disesuaikan” mengacu pada sistem berjenjang di mana jenis produk perjudian tertentu tunduk pada tingkat regulasi yang berbeda.

Pejabat mengatakan bahwa larangan iklan akan berdampak parah pada pendapatan media, dan mungkin tidak akan efektif.

Dan jika Anda berpikir bahwa semua itu terdengar agak kabur, Anda tidak sendiri. Perwakilan dari grup perdagangan game Swedia Branschföreningen för Onlinespel menggambarkan RUU tersebut sebagai “sangat ambigu”.

Anggota komite menjauh dari membuat perombakan signifikan terhadap peraturan perjudian secara keseluruhan, mencatat bahwa mengklasifikasikan iklan perjudian dalam kategori yang sama dengan iklan alkohol mewakili, “upaya untuk menerapkan klasifikasi risiko melalui pintu belakang”.

Author: Charles Morgan